Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN…
Kelas/Semester :
IV
Tema : Selalu Berhemat Energi
Sub.Tema : Pemanfaatan Energi
Pertemuan
Ke : 1 (Satu)
A.
Kompetensi
Inti :
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru,
dan tetangganya.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di
rumah,
di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa
yang jelas
dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang
mencerminkan anak
sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
Kompetensi
Dasar.
IPA
3.4
Membedakan
berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
4.6
Menyajikan laporan tentang sumber daya alam
dan pemanfaatannya oleh masyarakat
PPKN
3.2
Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2
Melaksanakan
kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
BAHASA
INDONESIA
3.1
Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.1
Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku
C.
Indikator
IPA
Ø Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam
kegiatan- kegiatan yang ada dalam gambar
Ø Menyajikan
laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas
PPKN
Ø Melaksanakan perilaku sikap hemat energi
BAHASA INDONESIA
Ø Menyajikan
laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan
memperhatikan penulisan dan penggunaan
kosakata baku
D.
Tujuan
Pembelajaran
Ø Dengan
mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk
energi dengan benar.
Ø Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan
benar.
Ø Setelah
melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang
berhubungan dengan energi panas dengan benar.
Ø Dengan
bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat
dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.
E. Materi Ajar
1. Sumber
dan Perubahan Bentuk Energi
2. Energi
panas dan Perubahannya
3. Laporan
Hasil Percobaan yang berhubungan dengan Energi Panas
4. Perilaku
Berhemat Energi
F.
Pendekatan/Strategi/Metode.
Pendekatan : Saintifik
Metode :
1. Diskusi
2. Penugasan
3. Percobaan
G.
Kegiatan
Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru memberikan salam dan
mengajak berdoa
(Religius)
·
Mengecek kehadiran Peserta didik.
·
Guru menyampaikan Tujuan
Pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan
dipelajari,yaitu Sumber dan Perubahan
Bentuk Energi dan Perilaku Berhemat Energi.
|
10
Menit
|
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Inti
|
1.
Siswa secara berpasangan
mengamati gambar di Buku Bacaan pada halaman 36.
2.
Siswa menulis dan
mengomunikasikan hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
3.
Selanjutnya Siswa mengamati
gambar kegiatan yang ada pada Buku bacaan pada halaman 37 dan menuliskan energi yang digunakan serta
perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
4.
guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
5.
Selanjutnya Siswa melakukan
percobaan, mengamati, dan
menuliskan
hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.
6.
Siswa menuliskan hasil percobaan
yang telah dilakukan.
7.
Siswa mendiskusikan hal-hal apa
saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
8.
Siswa mendiskusikan sikap apa
saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
9.
Kegiatan diskusi dapat dilakukan
pada kelompok kecil dan hasil dari diskusi akan dikomunikasikan di depan
kelas dan siswa lain akan mengomentari.
10.
Siswa menganalisis gambar yang
ada pada buku tentang sikap hemat energi.
11.
Siswa berdiskusi tentang cara
aman menggunakan alat-alat listrik dengan aman secara berkelompok.
12.
Siswa mengemukan pendapatnya pada
kegiatan diskusi kelas yang dibimbing
guru.
13.
Siswa menjawab pertanyaan yang
ada pada buku siswa.
14.
Guru dapat menambahkan pertanyaan
perenungan berdasarkan taksonomi perenungan di halaman 150.
|
Menit
|
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Penutup
|
· Guru membimbing siswa menyimpulkan
pembelajaran terkait pokok bahasan pada pertemuan tersebut.
· Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya tentang
pelajaran yan telah diikuti
· Salam
dan Doa penutup
|
Menit
|
H.
Penilaian (Terlampir)
I.
Sumber
dan Media Pembelajaran
1.
Kurikulum 2013
2.
Buku Kelas IV (Buku Guru dan Siswa)
3.
Gambar-gambar yang relevan
4.
Gunting
5.
Kertas
6.
Lilin
7.
Korek api
8.
Benang
9.
Penggaris
10. Pensil
Mengetahui Makassar,
Desember 2013
Dosen,
MUHAMMAD AMRAN ,S.Pd,M.Pd. SIMULATOR
Nispasari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar