Powered By Blogger

Rabu, 18 Desember 2013

RPP KELAS IV KURIKULUM 2013



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan Pendidikan     :  SDN…
Kelas/Semester          :  IV
Tema                            :  Selalu Berhemat Energi
Sub.Tema                    :  Pemanfaatan Energi
Pertemuan Ke             :  1 (Satu)

A.    Kompetensi Inti :

1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan  menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     Kompetensi Dasar.
IPA
3.4
Membedakan berbagai bentuk energi melalui pengamatan dan mendeskripsikan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6
 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat

PPKN

3.2
 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat
4.2
Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

BAHASA INDONESIA
3.1
 Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1
 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan dengan memilih dan memilah kosakata baku


C.     Indikator
IPA
Ø  Mengidentifikasi sumber dan perubahan energi dalam kegiatan- kegiatan yang ada dalam gambar
Ø   Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas
PPKN
Ø  Melaksanakan perilaku sikap hemat energi

BAHASA INDONESIA
Ø  Menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan memperhatikan penulisan   dan penggunaan kosakata baku
D.    Tujuan Pembelajaran

Ø  Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi sumber dan perubahan bentuk energi dengan benar.
Ø  Setelah melakukan percobaan, siswa mampu mengenal energi panas dan perubahannya dengan benar.

Ø  Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil percobaan yang berhubungan dengan energi panas dengan benar.

Ø  Dengan bercerita, siswa mampu menunjukkan perilaku sikap aman dan berhemat
dalam penggunaan energi dengan mandiri dan benar.

E.     Materi Ajar
1.      Sumber dan Perubahan Bentuk Energi
2.      Energi panas dan Perubahannya
3.      Laporan Hasil Percobaan yang berhubungan dengan Energi Panas
4.      Perilaku Berhemat Energi

F.     Pendekatan/Strategi/Metode.

      Pendekatan          : Saintifik
      Metode                 :
1.      Diskusi
2.      Penugasan
3.      Percobaan

G.    Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN


DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan














·         Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
(Religius)
·       Mengecek kehadiran Peserta didik.
·       Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran pada pertemuan tersebut dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari,yaitu  Sumber dan Perubahan Bentuk Energi dan Perilaku Berhemat Energi.


10 Menit








KEGIATAN


DESKRIPSI KEGIATAN

ALOKASI WAKTU
Inti













1.      Siswa secara berpasangan mengamati gambar di Buku Bacaan pada halaman 36.
2.      Siswa menulis dan mengomunikasikan hasil pengamatan gambar secara lisan di depan kelas.
3.      Selanjutnya Siswa mengamati gambar kegiatan yang ada pada Buku bacaan pada halaman 37  dan menuliskan energi yang digunakan serta perubahannya saat melakukan kegiatan itu.
4.      guru  membagi siswa ke dalam beberapa kelompok.
5.      Selanjutnya Siswa melakukan percobaan, mengamati, dan
menuliskan hasil percobaan tentang energi panas pada buku siswa.

6.      Siswa menuliskan hasil percobaan yang telah dilakukan.
7.      Siswa mendiskusikan hal-hal apa saja yang dapat dipelajari dari kegiatan percobaan ini.
8.      Siswa mendiskusikan sikap apa saja yang harus ditunjukkan pada saat kegiatan percobaan dilakukan.
9.      Kegiatan diskusi dapat dilakukan pada kelompok kecil dan hasil dari diskusi akan dikomunikasikan di depan kelas dan siswa lain akan mengomentari.
10.  Siswa menganalisis gambar yang ada pada buku tentang sikap hemat energi.
11.  Siswa berdiskusi tentang cara aman menggunakan alat-alat listrik dengan aman secara berkelompok.
12.  Siswa mengemukan pendapatnya pada kegiatan diskusi kelas  yang dibimbing guru.
13.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.
14.  Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan taksonomi perenungan di halaman  150.

Menit
KEGIATAN


DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Penutup












·    Guru membimbing siswa menyimpulkan pembelajaran terkait pokok bahasan pada pertemuan tersebut.
·   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya tentang pelajaran yan telah diikuti
·   Salam dan Doa penutup

Menit

H.    Penilaian        (Terlampir)
I.       Sumber dan Media Pembelajaran

1.      Kurikulum 2013
2.      Buku Kelas IV (Buku Guru dan Siswa)
3.      Gambar-gambar yang relevan
4.      Gunting
5.      Kertas
6.      Lilin
7.      Korek api
8.      Benang
9.      Penggaris
10.  Pensil

Mengetahui                                                                                        Makassar, Desember  2013
Dosen,                                                                                                

MUHAMMAD AMRAN ,S.Pd,M.Pd.                                                        SIMULATOR
                                                                                                                        Nispasari

Tidak ada komentar: