Powered By Blogger

Selasa, 07 Januari 2014

Pengaturan Kondisi Kelas

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar belakang

Manajemen Kelas disamping berkaitan dengan pengaturan orang atau siswa,juga berkaitan dengan kondisi fisik/ruangan belajar dan segala sarana/fasilitas pembelajaran yang ada dalam kelas.Sebuah kelas dengan kondidi dan fasilitas yang diatur dengan baik/apik sudah tentu akan memberikan suasana yang nyaman dan segar bagi siswa dan guru pada gilirannya akan memberikan pengaruh positif bagi terselenggaranya proses belajar-mengajar.



BAB II
PEMBAHASAN
CARA-CARA PENGATURAN KONDISI KELAS
            Dalam keadaan normal,anak berada didalam kelas sekitar 5-6 jam sehari dan hal ini berlangsung selama beberapa tahun.Karena itu sangatlah beralasan bilamana pengaturan kondisi kelas ini mendapatkan perhatian dengan maksud supaya anak menjadi betah tinggal di Kelas.Di Negara-negara yang sudah maju pendidikannya,hal ini sudah sejak lama disadari.Sekolah-sekolah diusahakan menjadi tempat yang menarik  dan menyenangkan tak ubahnya”home” bagi anak-anak.Kelas dalam hal ini merupakan taman belajar bagi siswa dan menjadi tempat bagi mereka,bertumbuh dan berkembang baik secara fisik,intelektual maupun emosional.Oleh karena itu kelas haruslah dikelolah sedemikian rupa sehingga benar-benar meupakan taman belajar yang menyenangkan.Ada beberapa unsur kondisi kelas yang perlu mendapatkan perhatian yaitu :
1.      Ventilasi Ruangan
Ventilasi Ruangan yang baik ialah ventilasi yang memungkinkan lancarnya peredaran udara keluar masuk ruangan.Sehubungan dengan itu,setiap kelas harus memiliki jendela dengan ukuran yang layak yang  memungkinkan cahaya dan udara sehat/segar dapat masuk sehingga semua siswa dapat menghirup udara segar yang cukup mengandung Oksigen.Kelas yang pengap yang disebabkan oleh kurang baiknya sistem ventilasi akan menyebabkan anak cepat lelah dan tentu saja gairah belajar akan menurun.
2.      Cahaya dan Penerangan
Kelas haruslah mendapatkan cahaya dan penerangan yang cukup karena kelas yang terang dapat memberikan suasana yang lebih gembira bagi anak-anak di dalamnya. Kecuali itu,cahaya penting sekali bagi anak-anak yang berjam-jam harus menulis dan membaca dengan penuh konsentrasi.Bila keadaan memungkinkan,cahaya didalam kelas dibantu  oleh penerangan (lampu).Hal lain yang perlu diperhatikan berkenaan dengan cahaya dan penerangan ini,ialah :
ü  Hendaknya tidak menyilaukan
ü  Bila sumber cahaya dari satu arah,sebaiknya diupayakan pengaturan tempat duduk yang memungkinkan datangnya cahaya tersebut dari bagian atau samping kiri kanan anak-anak.
3.      Kebersihan dan Keindahan
Ruangan/Kelas tempat berlangsungnya proses belajar-mengajar,disamping harus bersih juga harus ditata sedemikian rupa sehingga menjadi indah dan menarik.Kebersihan kelas disamping berkaitan dengan faktor kesehatan juga sekaligus berfungsi sebagai ajang pembinaan/pembentukan sikap hidup bersih bagi para siswa

Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan menyangkut keindahan kelas antara lain :
a.       Mengatur meja/bangku-bangku siswa dan meja guru sesuai dengan keadaan ruangan sehingga nampak lebih harmonis
b.      Untuk meja guru sebaiknya diberi taplak meja,pot bunga dan asbak.
c.       Dinding kelas dihiasi dengan gambar-gambar atau pajangan lain yang berfungsi pedagogis.Khusus untuk pajangan,apabila dimungkinkan sebaiknya pemajangannya jangan terlalu lama atau dengan perkataan lain,sekali-kali diganti,misalnya dua atua tiga kali dalam 1 caturwulan,sehingga tetap menarik bagi siswa.
Dalam kegiatan pembenahan keindahan ini,seyogianya para siswa diikutsertakan baik  dalam perencanaan maupun pengadaan barang-barang/fasilitas yang diperlukan.Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas siswa dan membina tanggung jawab mereka secara individual maupun sebagai kelompok.
Penataan Perabot Kelas
Perabot kelas menurut Buku Pedoman Kelas di Sekolah Dasar(Dirjen PUOD & Dirjen Dikdasmen,1996 : 19) adalah segala sesuatu perlengkapan yang harus ada dan diperlukan di kelas,yang meliputi : Papan tulis dan penghapusnya,Meja kursi guru,Meja kursi siswa,Almari Kelas,Jadwal Pelajaran,Papan Absensi,Daftar Piket Kelas,Kalender Pendidikan,Gambar Presiden dan wakil presiden serta lambang Garuda Pancasila,Tempat cuci tangan dan lap tangan,Tempat sampah,Sapu dan bulu ayam,Gambar-gambar/hiasan  dinding/alat peraga,dan Kapur atau spidol.
            Deskripsi dari setiap perabot kelas tersebut adalah sebagai berikut :
a)      Papan tulis
Papan tulis harus cukup besarnya dengan permukaan dasar yang rata.Warna dasar yang lazim digunakan adalah warna hitam.Jika memungkinkan sebaiknya digunakan white bord (papan putih ).Papan tulis diletakkan dibagian depan kelas dengan ketinggian memungkinkan semua anak dikelas dapat melihat/membaca tulisan pada papan tulis dengan baik.
b)      Meja kursi guru
Ukuran meja kursi guru harus disesuaikan dengan standar yang lazim.Meja kursi guru hendaknya memakai laci dan kunci .Meja kursi guru ditempatkan di bagian depan sebelah kiri atau kanan sehingga tidak menganggu/menghalangi pandangan siswa ke papan tulis.
c)      Meja kursi siswa
Sebagaiman telah diuraikan sebelumnya bahwa penataan meja kursi siswa harus disesuaikan dengan format pembelajaran yang akan dilaksanakan.Untuk keperluan ini,maka jika memungkinkan sebaiknya digunakan kursi yang mudah dipindahkan/diatur sesuai kebutuhan.
d)     Almari Kelas
Almari kelas dapat ditempatkan disamping papan tulis atau sebelah kiri/kanan dinding samping depan sebelah meja guru.
e)      Jadwal Pelajaran
Jadwal Pelajaran sebaiknya dibuat dari bahan karton manila dan kemudian ditempatkan atau ditempel pada tempat yang mudah dilihat/dibaca oleh siswa.
f)       Papan Absensi
Papan Absensi difungsikan untuk mencatat kehadiran siswa di kelas setiap hari.Papan tersebut ditempatkan di depan sebelah papan tulis atau di dinding samping.
g)      Daftar Piket Kelas
Daftar piket merupakan daftar nama-nama para siswa yang bertugas menyiapkan segala sesuatu keperluan kelas setiap harinya.Daftar Piket kelas ini ditempatkan di samping papan absensi.
h)      Kalender Pendidikan
Kalender Pendidikan memuat kegiatan pendidikan untuk satu tahun lamanya atau sesuai kebutuhan.Kalender pendidikan ini ditempatkan pada tempat yang mudah dilihat.
i)         Gambar Presiden,Wakil Presiden dan Lambang Garuda Pancasila.
Gambar ini ditempatkan di dinding bagian depan kelas diatas papan tulis dengan posisi Lambang garuda pancasila ditempatkan lebih tinggi dari gambar presiden dan wakil presiden.Gambar Presiden ditempatkan sebelah kanan sementara wakil presiden sebelah kiri lambang garuda pancasila.
j)        Tempat Cuci tangan dan Lap tangan
Tempat Cuci tangan dan Lap tangan di tempatkan dibagian depan kelas dekat pintu masuk.
k)      Tempat Sampah
Tempat sampah diletakkan di sudut kelas.Ukuran besar kecilnya tempat sampah disesuaikan dengan kebutuhan.
l)        Sapu dan Alat pembersih lain
Sapu dan Alat pembersih lain seperti bulu ayam,lap meja,dsb.juga harus senantiasa tersedia di Kelas untuk menjaga kebersihan.Alat-alat tersebut sebaiknya ditempatkan pada tempat yang tidak menganggu pemandangan.







Pengaturan Alat-alat/Media Pembelajaran
Untuk keperluan proses belajar- mengajar,setiap kelas memiliki sejumlah alat/media pembelajaran. Alat/media pembelajaran tersebut dapat diklarifikasikan dengan menggunakan berbagai dasar klasifikasi,antara lain :
a.       Dari Segi Pemanfaatannya oleh Siswa,dibedakan atas :
1)      Alat/Media Pembelajaran Individual,seperti Buku Paket
2)      Alat/Media Pembelajaran Kelas,seperti Papan tulis,pajangan dan globe

b.      Dari Segi Statusnya, dibedakan atas :
1)    Alat pelajaran Permanent,seperti papan tulis atau papan informasi
2)     Alat pelajaran yang dapat dipindah-pindahkan sesuai kebutuhan,seperti tempat duduk,gambar/peta dinding.

c.       Dari segi pelibatan alat indera dalam penggunaannya, dibedakan atas :

1)      Alat/Media Pembelajaran visual,seperti Grafik dan papan
2)      Alat/Media Pembelajaran audio
3)      Alat/Media Pembelajaran audio-visual
4)      Alat/Media Pembelajaran audio-visual-aid,sperti film.
Alat-alat/media pembelajaran tersebut,perlu diatur dan disimpan sedemikian rupa,sehingga :
Ø  Mudah ditemukan bila ia diperlukan untuk digunakan
Ø  Lancar dipergunakan
Ø  Terhindar dari gangguan/kerusakan
Untuk keperluan penyimpangan tersebut,dapat digunakan lemari,rak-rak,map,file, dan diatur dengan sistem tertentu,misalnya menurut jenis atau fungsinya,menurut jenis alatnya,menurut ukurannya dan sebagainya.










Tidak ada komentar: